Apa itu Laminasi Doff dan Glossy

0_Y0H86jeqEWn4pYnR

Ketika Anda pergi ke percetakan untuk mencetak berbagai macam barang cetak seperti booklet, flyer, poster, sampai kartu nama, Stiker,  terkadang ditanyakan apakah hasil cetak ingin dilaminasi atau tidak.

Apa itu laminasi?

Laminasi adalah proses pelapisan bahan tipis pada sisi kertas.

Ada dua jenis laminasi yang umum digunakan pada percetakan, yaitu laminasi glossy dan doff.

Apa perbedaan laminasi doff dan glossy?

  1. Laminasi Doff

Laminasi doff menghasilkan cetakan yang tidak berkilau dan bertujuan untuk memberikan perlindungan pada hasil printing. Mencetak dengan laminasi doff menghalangi kotoran dan bekas sidik jari pada kertas. Cahaya juga tidak akan memantul dari kertas, apabila dibandingkan dengan hasil laminasi glossy.

Tekstur kertas yang kasar dan tidak licin mengurangi resiko kertas untuk menggelincir saat disusun.

Barang cetak yang cocok menggunakan laminasi doff adalah pada kertas undangan, foto, dan amplop.

  1. Laminasi Glossy

Laminasi glossy menghasilkan cetakan yang hasilnya terang dan berkilau. Mencetak dengan laminasi glossy memantulkan cahaya lebih banyak dan menghasilkan warna yang lebih baik daripada laminasi doff karena sifatnya yang menyerap warna pada tinta. Harganya juga relatif lebih murah apabila dibandingkan dengan laminasi doff.

Kekurangannya, kita perlu lebih berhati-hati dalam memegang hasil cetak karena kotoran dan bekas sidik jari sangat mudah menempel pada hasil cetak. Laminating glossy juga licin dan mudah tertekuk sehingga harus disusun dan disimpan dengan hati-hati.

Barang cetak yang cocok menggunakan laminasi glossy adalah cover buku, flyer, dan poster.

Jadi, itulah perbedaan laminasi doff dan glossy. Dengan mengetahui perbedaan keduanya diharapkan Anda bisa membuat hasil cetak yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Cetak kebutuhan printing Anda di XILINDO dengan pilihan laminasi doff dan glossy yang berkualitas.

Menu Utama

Butuh Bantuan ? Chat aja